Monday, June 8, 2015

Jadwal kegiatan JAMRAN PENEGAK 2015



PANITIA
PERKEMAHAN PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA
“ PERKEMAHAN WIRAKARYA RANTING  2015 ”

A.     PENDAHULUAN
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok untuk meyelenggarakan Kepramukaan bagi kaum muda, guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, disiplin dan bertanggung jawab dalam mengisi kemerdekaan. Kepramukaan merupakan proses pendidikan dan pengkaderan yang diselenggarakan di luar sekolah dan luar keluarga, yang disajikan dalam bentuk kegiatan yang menarik dan menantang, dilakukan di alam terbuka dengan perinsip dasadarma dan metode Kepramukaan dengan pembentukan watak sebagai sasaran akhir. Untuk itu Kepramukaan diseleggarakan dengan berbagai bentuk kegiatan yang disesuaikan dengan titik berat pembinaan dan perkembangan kejiwaan masing – masing golongan Pramuka.
Sesuai dengan titik berat pembinaanya, maka salah satu kegiatan  yang relevan dengan Pramuka Penegak adalah PERKEMAHAN PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA PUTRA DAN PUTRI ( PERKEMAHAN WIRAKARYA )2015. PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Mempererat silaturrahmi dan ajang adu bakat tingkat pramuka penegak dan pandega tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 melibatkan Pramuka Penegak Se-Kecamatan Aikmel.Kegiatan ini bersipat rekreatif, kereatif, inovatif, peroduktif dan edukatif.

B.     DASAR PENYELENGARAAN
  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
2.       Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 080 Tahun 1988 Tentang Pola Dan mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega
  1. Keputusan  Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 022 Tahun 1991 Tentang Petunjuk Peyelenggaraan Dewan Kerja Penegak Dan Pandega
  2. Keputusan Nasional Gerakan Pramuka Nomor 012 Tahun 1996 Tentang PPDK
  3. Rencana Kerja Kwartir Ranting Aikmel Tahun 2015
  4. Program Kerja Kwartir Ranting Aikmel Tahun 2015

C.     TUJUAN
Tujuan PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 adalah membina dan mengembangkan sikap Taqwa kapada Tuhan Yang Maha Esa, teguh, mandiri, peduli, dan bertangug jawab, meningkatkan wawasan kebangsaan serta rasa persaudaraan dan persatuan.

D.     SASARAN
  1. Meningkatkan Ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Jiwa Kepatriotisme.
  3. Mengenal Dan Memahami Lingkungan Masyarakat Sekitarya
  4. Memantapkan Mental, Fisik, Pengetahuan, Jiwa, Kepemimpinan Dan Kepercayaan Diri.
  5. Memperkuat Tali Persaudaran Dan Ikut Srrta Mengembangkan Jati Diri Bangsa.
  6. Memperoleh Pegalaman Dan Jatidiri yang Baru.

E.      NAMA KEGIATAN
Perkemahan Pamuka Penegak Dan Pandega Putra danPutri yang selanjutnya disingkat
PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015.

F.      WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan dimulai pada tangal 12 Juni 2015 sampai dengan tanggal 14 Juni 2015.

G.     TEMA
Mandiri, Berprestasi dan Bersahaja.

H.     MOTO
“ Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan ”
 
I.        TEKAD
“ Kokoh, bersahabat, dan bermasyarakat ”

J.       TEMPAT
Lokasi kegiatan bertempat di lapangan umum Aikmel, Desa Aikmel Kec.Aikmel
           
K.     RENCANA ANGGARAN
Angaran PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 di peroleh secara gotong royong dari:
  1. Kwartir Ranting Aikmel gerakan Pramuka Lombok Timur.
  2. Pendaptaran peserta.
  3. Seponsor dan usaha lain yang tidak bertentangan dengan AD dan ART Garakan Pramuka

L.      ORGANISASI PEYELENGGARA
  1. Kwarran Aikmel
  2. Dewan Kerja Ranting Aikmel

M.     KETENTUAN PESERTA
  1. Peserta PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 yaitu Pramuka Penegak utusan Gudep se Kecamatan Aikmel.
  2. Masing-masing Gudep mengirim minimal 2 sangga( 1 PA dan 1 PI ).
  3. Satu Sangga minimal 8 orang, maksimal 10 orang termasuk ketua sangga.

N.     PERSYARATAN PESERTA
  1. Anggota Pramuka Penegak yang aktif di GugusDepannya.
  2. Mempunyai semangat dan disiplin tinggi
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Saggup mematuhi tata tertib PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015.

O.     ADMINISTRASI DAN PERLENGKAPAN
  1. Membayar uang kegiatan sebesar Rp. 25.000,- / Sangga (untuk pembuatan ID card, piagam dan administrasi)
  2. Membawa Surat Mandat dari Gudep
  3. Membawa perlengkapan perkemahan
  4. Membawa perlengkapan memasak
  5. Membawa perlengkapan kegiatan kerjabakti
  6. Memawa obat-obatan pribadi yang di perlukan
  7. Membawa perlengkapan lomba
  8. Membwa alat tulis
  9. Membawa minimal 1 buah bedera pramuka dan merah putih / sangga
  10. Mengisi formulir / Biodata peserta

P.      KETENTUAN PIMPINAN KONTINGEN
  1. Anggota Pramuka Penegak yang aktif di Gudepnya
  2. Meyerahkan surat mandat dari Gudep yang bersangkutan
  3. Membawa perlengkapan perkemahan
  4. Membawa alat tulis
  5. Mengisi formulir / Biodata peserta

Q.     MEKANISME PENDAFTARAN
1.       Gudep menentukan peserta yang akan mengikuti PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015.
2.       Gudep mendaftarkan calon peserta PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 ke Panitia dengan alamat SMAN 1 Aikmel ( L. Istia Negara, S.Pd. ),  
SDN 6 Lenek ( Yusniar Afandi, S.Pd.SD ), SDN 4 Kalijaga ( Irpan, S.Pd. ), dan SMAN 2 Aikmel ( Sastrawan Banuharli, S.Ag. ), dengan menyerahkan persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan.
3.       Pendaftaran dimulai sejak Juknis ini diterima dan ditutup pada tanggal 9 Juni 2015
pukul 18.00 Wita.
R.     LOGISTIK
Guna mendukung pelaksanaan PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015 di upayakan menyediakan kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan logistic antara lain :
1.       Fasilitas tempat yang cukup untuk menampung 240 orang
2.       Fasilitas kesehatan berupa penyediaan obat-obatan ( peserta yang mempunyai penyakit keturunan dihrapkan membawa obat sendiri )
3.       Fasilitas penerangan untuk kegiatan lomba
4.       Fasilitas keamanan yang dilakukukan secara bergotongroyong antara peserta, pinkon dan sangga kerja.

S.      KEGIATAN
  1. Deskripsi
a.       Kegiatan PERKEMAHAN WIRAKARYA Ranting di mulai pada tanggal 12 s/d 14 Juni 2015 pukul 14.00 Wita

  1. Kegiatan Yang Dilombakan
a.       Tekpram
Ø  Semaphore
§ Sangga kerja memainkanbendera semaphore yang akan diterjemahkan oleh peserta lomba.
§ Peserta 3 orang / sangga
§ Lomba diadakan di Sub Camp 1
§ Waktu (langsung dijawab)
§ Penilaian (Hasil)
Ø  Pionering
§ Peserta  5 orang / sangga
§ Lomba diadakan di Sub Camp 1
§ Waktu 15 menit
§ JenisPionering yang akan dilombakan (Menara pandang kaki 3 dan Jembatan darurat)

§ Penilaian :
o   Kekompakan
o   Kerapian
o   Kekuatan ikatan
o   Simpul dan ikatan yang digunakan
Ø  P3K
§ Peserta 1 sangga utuh
§ Lomba diadakan di Sub Camp utama
§ Jenis yang dilombakan, penanganan pasien patah tulang kaki
§ Penilaian (kekompakan, tekhnik dan hasil)
b.       LKBB
Ø  Peserta 7 orang / sangga
Ø  Tempat :
Ø  Lomba dilaksanakan dalam bentuk gerak jalan indah dan melakukakan variasi pada pos-pos yang sudah ditentukan.
Ø  Variasi maksimal 2 menit
Ø  Penilaian
§ Kerapian
§ Keseragamangerak
§ Kekompakan
§ variasi
c.       Pentas Seni (Lomba Karaoke)
Ø  Peserta: 3 orang / Sangga
Ø  Jenis lagu (semua jenis lagu dengan katagori nasional)
Ø  Tempat : Kecamatan
Ø  Setiap Peserta membawa CD karaoke sesuai dengan judul lagu yang dinyanyikan.
Ø  Penilaian :
§ Penampilan
§ Kualitas suara
§ Kesesuaian gerak dengan irama/lagu
d.       Membaca Berita
Ø Peserta 2 orang / sangga
Ø Tempat : Cam Utama
Ø Peserta membuat berita seputar kegiatan kemudian membacakan berita tersebut
Ø pembacaan maksimal 5 menit
Ø Penilaian
§  Isi berita
§  Cara membaca berita
§  Kekompakan pembaca berita

  1. Kegiatan Yang Tidak di Lombakan
Untuk mendukung dan memeriahkan kegiatan PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015, akan diadakan kegiatan-kegiatan pendukung antara lain:
a.       Sholat berjamaah
b.       Ceramah agama
c.       Diskusi
d.       Bakti sosial
e.       Out bound
f.        Kesakaan
g.       Karnaval
h.       Dll

T.      PENUTUP
Demikian petunjuk tekhnis kegiatan PERKEMAHAN WIRAKARYA Ranting Kwarran Aikmel 2015 ini dibuat sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan, sehingga dapat bermanfaat dan dapat mencapai target dan sasaran sesuai yang kita harapkan. Atas perhatian dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.


Panitia
Kegiatan PERKEMAHAN WIRAKARYA 2015
Ketua




ASMU’I, S.Pd.                                                     
NTA. 2303 01 00 000 002

Sekretaris




ZAKARIA, S.Pd.
NTA. 2303 01 00 000 005

No comments:

Post a Comment